Selasa, 03 Agustus 2010

Kandungan Al-Quran (1)

Bismillahirrahmanirrahiim.

"Dan kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri" (QS. An-Nahl [16]:89).

Tidaklah Allah Swt menciptakan manusia dengan sia-sia. Ada misi yang harus dan tujuan-tujuan yang menuntut dirinya berjuang mendapatkannya.Dengan kasih sayang-Nya yang tiada terbatas, Allah Swt memberikan petunjuk dan bimbingan kepada manusia bagaimana menjalankan visi dan misi hidupnya tersebut, serta strategi bagaimana mencapai tujuan penciptaannya. Petunjuk yang Allah Swt berikan itu bersifat Kaunah, artinya petunjuk itu tersebar di alam semesta dan berbentuk hukum-hukum kehidupan, Allah Swt pun memberikan petunjuk-petunjuk yang bersifat qauliyah yang tercantum dalam Al-Quran.

Dengan demikian, Al-Quran adalah tanda kasih sayang Allah Swt yang utama kepada manusia, khususnya kepada hamba-hamba yang beriman. Allah Swt menyebut Al-Quran sebagai hudan,; petunjuk dan rahmat (kasih sayang). Dia berfirman "Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri."(QS An-Nahl [19]:89)

Sebagai Al-Hudan Al-Quran berisi petunjuk-petunjuk yang bersifat global dan komperhensif terkait persoalan-persoalan hidup manusia, baik itu urusan manusia dengan Allah, manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan sesamanya dan manusia dengan lingkungan sekitarnya.

Secara garis besar, Al-Quran mengandung tiga hal. Pertama petunjuk akidah dan kepercayaan yang harus dianut oleh manusia yang tersimpul dalam keimanan akan ke-Esa-an Tuhan dan kepercayaan akan kepastian adanya hari pembalasan. Kedua, petunjuk tentang akhlak yang murni dengan jalan menerangkan norma-norma keagamaan dan susila yang harus diikuti oleh manusia baik secara individual maupun secara kolektif. Ketiga, petunjuk tentang syariat dan hukum dengan jalan menerangkan dasar-dasar hukum yang harus diikuti oleh manusia dalam hubungannya dengan Tuhan dan sesamanya. Dengan kata lain "Al-Quran adalah petunjuk bagi seluruh manusia ke jalan yang harus ditempuh demi kebahagiaan hidup di dunia dan di akherat." Walhamdu'lillahi rabbil 'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar